Potret Bandara Baru Semarang Sekarang Lebih Keren Lo

Potret Bandara Baru Semarang Sekarang Lebih Keren Lo

Jawa Tengah kini punya bandara baru rasa bandara lama. Bandara Ahmad Yani di Semarang baru saja membuka terminal baru yang lebih besar dan megah dari sebelumnya. Kamu yang tinggal di Semarang ataupun yang sering bepergian naik pesawat dari dan ke Semarang pasti seneng dong ya. Yap, kamu kini bisa merasakan bandara yang fasilitasnya lebih bagus dan lebih mewah. Ya tahu sendiri lah ya terminal lama kaya apa. Hehehe.

Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan beroperasinya terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, pada hari Kamis (7/6/2018) sehari setelah dibuka. Hal itu sekaligus menandai era baru bandara kebanggaan masyakat Semarang dan Jawa Tengah ini. Terminal baru yang dibangun dengan investasi Rp 2,08 triliun ini diharapkan dapat mengatasi masalah kecilnya daya tampung terminal lama yang sudah dikeluhkan selama beberapa tahun ini.

Resmi dibuka pada tanggal 6 Juni lalu, terminal baru bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahun. Wow, gede banget ya!

Berawal dari keterbatasan terminal lama dalam menampung penumpang, PT Angkasa Pura membangun terminal baru bandara Ahmad Yani Semarang. Letaknya berada di seberang terminal lama, relatif berdekatan. Terminal lama kapasitasnya cuma mampu menampung 800.000 penumpang saja sementara terminal baru bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahunnya. Hampir 9 kali lipat daya tampungnya dibanding terminal lama. Sebuah peningkatan yang signifikan bukan?

Luas terminal baru ini 9 kali lebih luas dari terminal lama. Bandara ini juga punya 30 konter check in dengan nuansa putih hijau yang teduh


Luas terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang ini 58.652 m2. Luasan ini hampir 9 kali lebih besar dibanding terminal lama yang luasnya hanya seluas 6.708 m2. Makin megah dan elegan ya tentunya. Luas apron mencapai 72.522 meter persegi dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 2 pesawat wide body kargo.


Bandara Ahmad Yani Semarang bakal jadi bandara terapung pertama di Indonesia. Tak lupa 24 bibit mangrove pun telah ditanam di sekitarnya. Konsep bandaranya ecogreen sih, oke banget!


erminal ini mengadopsi konsep eco-green airport untuk mendukung peningkatan kualitas lingkungan dan pelestarian alam. Hal tersebut telah diaplikasikan dengan penanaman 24 ribu bibit mangrove di lahan sekitar bandara. Keberadaan hutan mangrove ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi wisata alam yang berada di dalam bandara. Konsep hijau dan ramah lingkungan kini memang jadi concern Angkasa Pura dalam membangun bandara.

Advertisement

Tak cuma itu, karena lokasinya dibangun di atas rawa yang dikelilingi kolam, maka bandara ini disebut-sebut sebagai bandara terapung pertama di Indonesia. Kurang jelas apakah ada bandara terapung juga di dunia, yang jelas Bandara Ahmad Yani jadi pionir di Indonesia.

Begini rute untuk menuju terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang yang keren abis!


Bandara Ahmad Yani ini masih menggunakan runway atau landasan pacu yang sama dengan sebelumnya. Hanya terminalnya saja yang berubah. Posisi terminal baru berada di seberang terminal lama. Begini rute yang bisa kamu tempuh untuk menuju ke bandara baru tersebut.

Dari Simpang Lima setelah jembatan Banjir Kanal Barat memutar Taman Madukoro menuju Semarang Indah. Setelah mentok lalu belok kiri, terus saja sampai traffic light arteri Yos Sudarso. Dari sini terus saja melewati PRPP dan lurus ke bandara.

Ada photobooth Presiden Jokowi juga lho. Hehehe…


Berhubung bandara baru sudah beroperasi di musim mudik tahun ini, kamu bisa mencoba kenyamanan Bandara Ahmad Yani Semarang ketika mudik ke kampung halaman. Mudik aman, fasilitas nyaman.



59 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : Potret Bandara Baru Semarang Sekarang Lebih Keren Lo

Kirim Pesan Anda

Berita Terbaru »