Kuliner Semarang Saat Ramadhan Buruan Serbu!

Kuliner Semarang Saat Ramadhan Buruan Serbu! Meski paparan sinar matahari menyengat dan hampir tidak pernah absen menyambut pelancong yang berkunjung ke Semarang, namun Kota Lumpia ini tetap menjadi kota unik yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pelancong. Keunikan Semarang terlihat dalam keberagaman budayanya. Keragaman tercipta di kawasan Pecinan (Jalan Gang Lombok dan sekitarnya yang dihuni warga Tionghoa) berdampingan dengan Kampung Pekojan (Jalan Pekojan dihuni warga keturunan Pakistan dan India) dan wilayah lain yang dihuni oleh mayoritas Jawa. Keragaman penduduk menciptakan keragaman budaya. Salah satunya tercermin melalui kuliner, mulai dari makanan, kudapan, hingga minuman, seperti lumpia (lumpia, loenpia).

 Makanan khas Semarang ini pertama kali dibuat oleh pasangan suami istri, Tjoa Thay Yoe (Tiongkok) dan Wasih (Jawa), pada abad ke-19 di Jalan Gang Lombok, Semarang. Tak hanya itu, perbedaan latar belakang keduanya menciptakan rasa lumpia Semarang yang khas. Kini, keturunan Tjoa telah menyebar dan ikut meramaikan kuliner Semarang dengan menjual lumpia. Kudapan wajib bagi pelancong ini menyerupai dadar gulung dan berisi tumis rebung, udang, dan telur. Lumpia Semarang memiliki rasa gurih dari bumbu bawang putih dan putih, merica, garam, dan kecap manis. Rasa tersebut berpadu sempurna dengan aroma khas rebung dan udang yang menggugah selera. Sehingga pantas disajikan sebagai salah satu menu Ramadan. 


Tentunya tak hanya lumpia, ada menu lain yang bisa Anda hidangkan. Kmai mereferensikan beragam jenis kuliner Semarang untuk Anda dan keluarga dalam menikmati buka puasa, makan malam, dan sahur. Kuliner Semarang enak sekali. Makanan Semarang dan Indonesia secara keseluruhan memiliki beragam cita rasa lokal yang gizinya tak kalah dengan pengan internasional. Buka puasa Es Cao: Setelah tidak makan dan minum sekitar 13 jam, pulihkan tenaga Anda dengan es cao.

 Es Cao adalah es cincau dari Semarang. Menu ini terdiri dari serutan es yang disajikan dengan cincau hitam, kolang-kaling, pepaya, manisan cermai, kelapa muda, sirup (bisa diganti dengan madu), dan sedikit perasan air jeruk nipis. Kombinasi aneka buah dan cincau dalam minuman ini membuat Es Cao cocok dihidangkan sebagai menu buka puasa yang segar dan juga kaya serat, serta vitamin. Sangat penting bagi orang berpuasa untuk mengonsumsi makanan kaya serat, protein, dan vitamin. 

 Es Cao adalah es serut dengan isi cincau hitam, pepaya, kolang-kaling, manisan cermai, kelapa muda, sirup, dan perasan jeruk nipis. Nikmati minuman ketika berbuka puasa. Es Cao adalah es serut dengan isi cincau hitam, pepaya, kolang-kaling, manisan cermai, kelapa muda, sirup, dan perasan jeruk nipis. Nikmati minuman ketika berbuka puasa. 

Saat berbuka, usahakan hindari langsung mengonsumsi makanan beratkarena hal tersebut bisa mengganggu sistem percernaan, terutama lambung. Nikmati segelas es cao dan satu jenis kudapan, misalnya lumpia, sebelum menunaikan ibadah solat. Profesor Ahmad menganjurkan, ketika akan melahap lumpia dengan tambahan sayuran daun bawang, mentimun, dan selada untuk menyeimbangkan komposisi lemak dan serat. 

 Makan malam Ketika Ramadan, makan malam biasanya disantap setelah menjala denkan ibadah solat. Untuk makan malam, memilih makanan sesuai porsi dan kandungan gizinya. Misalnya pecel atau tahu pong, Anda bisa memilih salah satu. Di Semarang terdapat rumah makan Pecel Mbok Sador yang terletak di kawasan kuliner Simpang Lima (samping kantor Telkom) atau Pecel 

Pecel adalah makanan sumber serat, protein, dan karbohidrat. Agar Anda mendapatkan karbohidrat baik yang dapat menjaga kadar gula darah lebih stabil, sebaiknya ganti nasi putih dengan nasi merah. Pecel Mbok Sador di kawasan kuliner Simpang Lima, Semarang. Selain di sini, Anda dapat menikmati sepiring nasi pecel di warung Pecel Bu Sumo, Jalan Kyai Saleh. Pecel Mbok Sador di kawasan kuliner Simpang Lima, Semarang. Selain di sini, Anda dapat menikmati sepiring nasi pecel di warung Pecel Bu Sumo, Jalan Kyai Saleh. 

101 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : Kuliner Semarang saat Ramadhan buruang serbu, ,

Kirim Pesan Anda

Berita Terbaru »