Asal Usul Wisata Greece Disebut Yunani, Netherland Jadi Belanda dan Egypt Jadi Mesir!

Asal  Usul Wisata Greece Disebut Yunani, Netherland Jadi Belanda dan Egypt Jadi Mesir!
Mungkin kamu yang suka sepakbola, seringkah kamu heran kenapa suatu negara berbeda dengan yang kita tahu. Sebut saja, Greece, kita menyebutnya Yunani. Negara yang selama ratusan tahun menjajah Indonesia, Netherlands atau Holland, kita justru menyebutnya Belanda. Sementara Egypt lebih akrab dengan sebutan Mesir di Indonesia. Kira-kira kenapa ya kita menyebut berbeda negara-negara tersebut?

Sebenarnya kita sudah terbiasa menyebut negara lain dengan berbagai bentuk, ada yang sama persis misal Iran dan Israel, atau yang berubah sedikit penyebutannya misal Irak (aslinya Iraq) atau Maroko (aslinya Morocco). Ada pula yang diterjemahkan seperti Pantai Gading (Ivory Coast). Tapi nama Yunani untuk menyebut Greece, Belanda untuk menyebut Netherland dan Mesir untuk menyebut Egypt ini memang harus dibahas dalam ulasan tersendiri. Yuk simak saja ulasannya dikutip dari Mahardhika Zifana.

Pertama, Greece lebih akrab disebut Yunani karena terpengaruh budaya Arab. Ada satu daerah di Yunani bernama Ionia, di mana warganya disebut Yunan dan daerah itu disebut Yunanistan
Nama resmi negara Yunani atau Greece dalam bahasa mereka sendiri adalah Ελληνική Δημοκρατία, dibaca Ellinikí Dhimokratía. Kenapa disebut Greece, karena ternyata ada sebuah daerah di kawasan utara Yunani yang bernama Graecia, dan penduduknya disebut Graekos. Dasar inilah yang menjadikan penyebutan Greece dalam bahasa Inggris.

Sementara di Indonesia, tak mengenal istilah Greece. Dulu, ada sebuah kepulauan di sekitar Yunani bernama Ionia (kini masuk negara Turki). Orang Arab pun menyebut orang-orang di kawasan Ionia dengan sebutan Yunan, sementara kawasannya itu disebut Yunanistan (tanah orang-orang Yunan). Penyebutan Yunan ini pun terbawa oleh orang-orang Arab hingga ke Indonesia. Untuk itu, di dalam bahasa Indonesia, Greece disebut Yunani.

Kenapa Netherland bisa disebut dengan istilah Belanda? Padahal dalam bahasa Inggris lebih dikenal istilah Holland 

anyak versi yang berkembang kenapa Netherland disebut Belanda oleh orang Indonesia. Versi yang paling umum adalah karena mereka berambut pirang alias blonde. Pada masa penjajahan dulu, orang Indonesia atau Jawa kesulitan mengucap blonde, sehingga mereka menyebut londountuk para penjajah dari Netherland. Kata londo itulah yang berkembang menjadi Walanda sampai Belanda seperti sekarang ini.


213 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : khatulistiwatravel, tourtravel, toursemarang, rental semarang, khatulistiwa tour travel, tour semarang, travel semarang, outbound semarang, sewa mobil semarang, pesan tiket semarang, tour travel semarang, bus pariwisata semarang, jasa tour travel semarang, khatulistiwa tour travel semarang, biro wisata ,paket tour semarang, travel semarang, sewa mobil semarang, bus pariwisata semarang, outbound semarang, pesan tiket semarang ,

Kirim Pesan Anda

Berita Terbaru »