Sudah Pernah Mengendaki Gunung Tertinggi di Jawa, Coba Rasakan Mengendaki Gunung Tertinggi di Sulawesi Selatan Ini

Sudah Pernah Mengendaki Gunung Tertinggi di Jawa, Coba Rasakan Mengendaki Gunung Tertinggi di Sulawesi Selatan Ini

Suka naik gunung?  Jika iya mungkin Anda tidak  asing lagi dengan Puncak Rante Maroi. Sudahkah Anda kesini? Jangan kelewatan ya untuk menjelajahi gunung di Indonesia yang satu ini. 
Indonesia mempunnya banyak gunung yang memiliki puncat tertinggi sekita 7 Puncak seperti semeru dan puncak Rante Mario yang ber ada di Sumatera. 


PEGUNUNGAN LATIMOJONG

Pegunungan yang juga mendapat predikat Big Mountain ini punya batas-batas yaitu sebelah baratnya adalah Kabupaten Enrekang, sebelah utara Kabupaten Tana Toraja, sebelah selatan adalah daerah Kabupaten Sidenreng Rappang, dan bagian timur seluruhnya berbatasan denganwilayah Kabupaten Luwu sampai ke Teluk Bone. Semuanya masuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Pegunungan ini punya beberapa puncak yang mempunyai elevasi yang cukup tinggi untuk ukuran gunung di Indonesia, karenanya predikat terebutpantas disandangnya.


BERIKUT NAMA PUNCAK-PUNCAK YANG ADA DI PEGUNUNGAN LATIMOJONG:

PUNCAK-PUNCAK YANG MEMBENTANG DARI BARAT KE TIMUR YAITU:Gunung Pantealoan 2.500 mdpl

Gunung Pokapinjang 2.970 mdpl

PUNCAK-PUNCAK YANG MEMBENTANG DARI UTARA KE SELATAN ADALAH:Gunung Sinaji 2.430 mdpl

Gunung Lapande 2.457 mdpl

Gunung Sikolong 2.754 mdpl

Gunung Rante Kambola 3.083 mdpl

Gunung Rantemario 3.478 mdpl

Gunung Nenek Mori 3.397 mdpl

Gunung Bajaja 2.706 mdpl

Gunung Latimojong 3.305 mdpl


JALUR PENDAKIAN MENUJU PUNCAK-PUNCAKNYA ADA BEBERAPA ALTERNATIF PILIHAN, DIANTARANYA:Kec. Mingkendek, Kab. Tanah Toraja,

Kec. Baraka, Kab. Enrekang, dan

Ranteballa Kec. Latimojong, Kab. Luwu.


Dari ketiga jalur yang sering dilalui itu, kami memilih melewati jalur yang paling favorit yaitu melalui basecamp Dusun Karangan, Desa Latimojong, Kec. Buntu Batu, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan.


Sekitar jalur pendakian masyarakatnya didominasi oleh Suku Duri, yang sehari-hari berinteraksi menggunakan Bahasa Duri. Jangan kaget kalau ada beberapa warga yang jika disapa akan menjawab dengan bahasa yang tidak kita ketahui. Begitu pun yang saya alami waktu itu. Sempat bertemu dengan anak-anak yang usai memancing di sungai dan iseng kami tanya dimana mereka mencari ikan malah mereka seperti bingung dengan apa yang kami tanyakan, padahal kami menggunakan Bahasa Indonesia. Tapi memang dengan kondisi mereka yang bertempat tinggal sangat jauh dari kota, mungkin hal demikian bisa dimaklumi.


Suku Duri  mendiami daerah pusat Kecamatan Baraka hingga Dusun Karangan pada jalur pendakian Latimojong. Mayoritas mereka merupakan petani kopi. Mereka meyakini bahwa arwah nenek moyang mereka bersemayam di tempat – tempat tertentu di Latimojong. Begitu pula dengan berbagai tempat disana dianggap memiliki penunggu. Hiii serem... Tapi selama saya mendaki bersam 2 orang teman nggak ada sesuatu apa pun yang mengganggu kok. Lagi pula mereka tidak bakal menganggu kalau kita tidak macam-macam. Satu macam saja cukup, hehehe...


Yaaa, Dusun Karangan sangat jauh memang. Sudah pernah dengar cerita pendaki-pendaki Latimojong bagaimana mereka bisa mencapai Dusun Karangan yang merupakan basecamp pendakian dan dusun terakhir sebelum trekking ke puncak?


Hmmm, belum mendaki saja butuh perjuangan ekstra loh. Untuk menuju basecampnya butuh kesiapan mental menghadapi medan-medan yang off road.

Biar lebih enak, gimana kalau cerita selanjutnya dalam bentuk time line saja???

60 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : Sudah Pernah Mengendaki Gunung Tertinggi di Jawa, Coba Rasakan Mengendaki Gunung Tertinggi di Sulawesi Selatan Ini khatulistiwatravel, tourtravel, toursemarang, rental semarang, khatulistiwa tour travel, tour semarang, travel semarang, outbound semarang, sewa mobil semarang, pesan tiket semarang, tour travel semarang, bus pariwisata semarang, jasa tour travel semarang, Khatulistiwa Tour Travel Semarang, biro wisata ,paket tour semarang, travel semarang, sewa mobil semarang, bus pariwisata semarang, outbound semarang, pesan tiket semarang,

Kirim Pesan Anda

Berita Terbaru »