Tepat Wisata Mangunan Yang Bagus

Tepat Wisata Mangunan Yang Bagus
Denger kata Bantu pasti tertuju dengan pantainya. Tapi dikabupaten bantul memiliki pesona keindahan alam yang masih tersembunyi. Ayo jeljahi diman aaja itu :

1. Puncak Becici
Di sekitar Hutan Pinus Mangunan, terdapat beberapa bukit dengan pemandangan indah yang menyejukan mata, kemudian oleh masyarakat setempat, bukit-bukit tersebut dikembangkan dengan membangun beberapa fasilitas sederhana tapi sangat bermamfaat.

Salah satunya yaitu Puncak Becici yang berada di dusun Gunung Cilik, desa Muntuk, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Puncak Becici dikenal sebagai salah satu tempat yang sangat bagus untuk menikmati pemandangan sunset.

Sepanjang jalan menelusuri hutan Pinus menuju ke Puncak Becici, ada beberapa bangku sederhana yang terbuat dari batang pohon pinus yang sudah roboh yang dijadikan sebagai tempat duduk untuk sekedar bersantai sambil menikmati suasana hutan Pinus.

Selain itu, di Puncak Becici terdapat gardu pandang yang berada di atas pohon. Gardu Pandang inilah yang menjadi salah satu fasilitas favorit wisatawan di Puncak Becici, sebab bisa melihat luasnya pemandangan di sekitar Puncak Becici.

2. Kebun Buah Mangunan
Di antara beberapa tempat bagus yang ada di sekitar Hutan Pinus Mangunan, mungkin Kebun Buah Mangunan lah yang paling populer dan terkenal, sebab di tempat ini kita bisa menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu yang seolah-olah dibelah oleh aliran sungai Oya berwarna toska.

Kebun Buah Mangunan ini berada di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Walaupun namanya yaitu Kebun Buah Mangunan, jangan berharap bisa menemukan banyak pohon buah-buahan di tempat ini. Pohon buah yang mungkin bisa ditemukan di tempat ini yaitu pohon rambutan dan belimbing.

Objek utama dari tempat wisata ini yaitu gardu pandang yang berada di atas bukit, dimana seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gardu pandang di Kebun Buah Mangunan adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan Geopark Gunung Sewu.

3. Bukit Panguk
Selain di Kebun Buah Mangunan, ada satu lagi tempat di sekitar Hutan Pinus Mangunan yang juga bisa melihat pemandangan Geopark Gunung Sewu yang seolah-olah dibelah oleh aliran air Oya yaitu Bukit Panguk.

Lokasi Bukit Panguk berada di desa yang sama dengan Kebun Buah Mangunan, lebih tepatnya di Dukuh Kediwung. Tempat wisata ini termasuk baru dan pernah viral di Instagram sebagai tempat yang salah satu tempat paling instagramable.

Di tempat ini juga disediakan beberapa gardu pandang yang menjorok ke mulut tebing yang sering dijadikan oleh wisatawan sebagai tempat foto yang bagus dengan angle yang luas dan indah dengan nuansa pemandangan alam pegunungan.

Jika datang ke tempat ini saat pagi hari, kemungkinan besar bisa mendapatkan pemandangan alam yang sangat dramatis dengan kabut yang menyelimuti sebagian Geopark Gunung Sewu yang sangat mempesona mata.
4. Hutan Pinus Pengger
Sejatinya hutan Pinus Pengger berada di lokasi yang sama dengan hutan Pinus Mangunan dan berjarak kurang lebih 4 km dengan hutan Pinus Mangunan, hanya saja nama hutan Pinus Pengger kurang dikenal.

Bahkan fasilitas yang ada di Pengger tidak jauh berbeda dengan fasilitas yang ada di Mangunan seperti beberapa gezebo, ayunan, dan beberapa tempat duduk yang terbuat dari batang pohon pinus yang sudah mati.

Selain itu, di tempat ini juga sudah ada Mushola, warung, dan toilet. Kalau mau mengadakan kegiatan khusus, pengelola juga bisa menyediakan pendopo. Dan tidak jauh dari pendopo ini ada sebuah tempat menarik dengan pemandangan yang indah.

Bahkan kalau pergi ke tempat tersebut saat malam hari yang cerah, maka akan mendapatkan pemandangan yang kurang lebih sama seperti di Bukit Bintang.

5. Bukit Mojo

Pemandangan di Bukit Mojo kurang lebih sama dengan Bukit Panguk, bahkan lokasinya pun tidak berjauhan, sekitar kurang lebih 2 km saja. Dari tempat ini juga bisa melihat pemandangan indahnya Geopark Gunung Sewu.

Sama dengan Bukit Panguk, Bukit Mojo juga termasuk tempat wisata baru di sekitar Hutan Pinus Mangunan yang dibuka pada bulan Juli 2016 silam. Tapi pemandangan yang disuguhkan di tempat ini tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di sekitar Hutan Pinus Mangunan.

Bukit Mojo ini berada di dusun Gumelem, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Rutenya juga hampir searah dengan Bukit Panguk, nanti pas dipertigaan ada tanda (petunjukan) yang mengarahkan ke Bukit Mojo.

6. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur adalah salah satu tempat wisata untuk melihat pemandangan alam di atas perbukitan Dlingo, Bantul. Sama dengan beberapa tempat wisata lainnya yang berada disekitar Hutan Pinus Mangunan, tempat ini juga dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Watu Mabur kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya batu terbang, entah apa yang mendasari tempat ini dinamakan demikian, tapi yang pasti pemandangan alam disini sangat bagus dan eksotis.

Di Tebing Watu Mabur juga bisa melihat pemandangan Geopark Gunung Sewu dengan aliran sungai Oya yang seakan-akan membelah perbukitan. Disini juga ada beberapa tempat bagus untuk berfoto yang sengaja dibangun oleh masyarakat setempat.

7. Bukit Watu Lawang

Watu Lawang kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya batu pintu. Tapi, biarpun namanya begitu, tapi kita tidak akan pernah menemukan pintu apapun di tempat ini, yang ada hanya bongkahan batu kapur yang sering dijadikan pijakan untuk melihat pemandangan indah di tempat ini.

Konon katanya, bukti Watu Lawang terbentuk dari proses pembentukan aliran sungai Oya yang ada disekitar tempat ini. Dan ditempat juga bisa menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu dengan aliran sungai Oya-nya.


43 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : Tepat Wisata Mangunan Yang Bagus, khatulistiwatravel, tourtravel, toursemarang, rental semarang,, ,,,,,,,,,,,,,,,,,, ,,,,,,, ,,

Kirim Pesan Anda

Berita Terbaru »